Saatnya Bisnis Anda Go Online Dan Tingkatkan Penghasilan

Bisnis Go Online

Bisnis Go Online merupakan solusi bisnis yang bagus di era pandemi saat ini, akan tetapi banyak orang yang bingung harus memulainya darimana dan bagaimana?

Di era pandemi saat ini, banyak perusahaan yang kandas di tengah perjalanannya menuju tujuan bisnisnya. Ada yang harus merumahkan banyak karyawannya sehingga berpengaruh pada tingkat produksi, ketika produksi menurun; intensitas jual-beli konvensional atau fisik juga menurun karena banyak dari masyarakat yang secara finansial juga sedang tidak stabil dalam kondisi pandemi saat ini, ditambah lagi dengan kebijakan #StayAtHome.

Mari kita lihat sisi lain dari peristiwa yang sedang kita hadapi saat ini, untuk tidak berputus-asa dan tetap menjalankan aktifitas bisnis dengan medium yang berbeda.

Loading...

Daftar konten:

  1. Alasan Berbisnis Online
  2. Menghitung dan Komparasi Biaya
  3. Cara Memulai Bisnis Online
  4. Persiapan Website
  5. Domain Website dan Hosting Website
  6. Menentukan Tema Website Sesuai Kebutuhan
  7. Jasa Web Developer
  8. Optimasi Sosial Media
  9. Kesimpulan

1. Alasan Berbisnis Online

Alasan Berbisnis Online saat ini memang terdengar mainstream, akan tetapi hal ini penting karena bisa mendorong keyakinan dan tekad seorang pengusaha untuk melangkah maju dan mengikuti perkembangan zaman.

Era teknologi hadir tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi saja, tetapi juga harus bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar produksi, branding, dan promosi usaha. Bisa anda lihat sendiri pada timeline Group Jual Beli di Facebook, disana banyak orang yang menjajakan dangangannya mulai dari kebutuhan pokok hingga jasa.
Apakah tidak sayang ketika kita sudah mengetahui betapa ramainya lalu-lintas pengguna internet dan banyaknya barang dan jasa dipromosikan disana?

Pentanyaan kuncinya adalah: Bagaimana caranya mendapatkan atensi dan mendokumentasikan peritiwa tersebut?

Dari pertanyaan kunci itulah muncul alasan untuk memulai Bisnis Online.

2. Menghitung dan Komparasi Biaya

Menghitung dan komparasi biaya untuk berbisnis secara online. Jika anda memang The Real Pengusaha yang lebih memperhitungkan kesempatan atau peluang daripada hasil yang instan, maka anda tahu bagaimana mengkalkulasi keadaan dan peluang untuk menghasilkan uang. Dalam penjelasan ini ada dua diksi / sudut pandang bisnis yaitu Binsis Konvensinal (Tradisional) dan Bisnis Dekonvensioal (Non Tradisional).

Bisnis konvensional

Bisnis konvensional merupakan cara berbisnis yang dilakukan pada umumnya, seperti membangun toko, memproduksi barang, menjualnya ditoko atau mendistribusikan barang ke berbagai ritel dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis secara konvensional sebelum adanya internet, bisa anda banyangkan berapa uang yang harus keluarkan untuk sekedar membangun atau menyewa toko? Belum lagi untuk biaya produksi, bayar listrik, bayar karyawan, bayar tagihan air, jaminan kesehatan, uang makan, dan lain-lain.

Katakanlah, disini kita akan membuat estimasi memulai usaha secara konvensional / tradisional pada umumnya:

  • Sewa Tempat / Ruko / Kantor = 5-20jt / Tahun
  • Listrik + Air = 350rb / bulan ( 350 x 12 = 4.200.000 / Tahun )
  • Alat Rumah Tangga = 3,5-70jt

Dari 3 kebutuhan tersebut bisa jika ditotal modal awal untuk melakukan usaha kisaran 12,7jt – 90jt + lebih. Dan namanya usaha tentu untuk pertama kali pembukaan biasaya mengadakan syukuran dengan bentuk grand opening gratis atau memberi harga murah selama 1-3 hari.

Ok, semua berjalan baik selama grand opening, tapi setelah itu gimana besok?

Bisnis Dekonvensional

Bisnis Dekonvensional yang akan dijelaskan disini adalah bisnis yang berbasis online dengan memanfaatkan sumber daya informasi, manusia, dan data sebagai modal utama untuk melakukan promosi dan tentunya hal tersebut harus memiliki medium atau tempat untuk bisa mendokumentasikan atau mencatat seluruh kejadian traksaksional.

Untuk memulai bisnis berbasis online persiapanya cukup mudah namun harus detail dan tekun, karena segalanya harus selalu up-to-date, banyak usaha yang tidak bisa mengikuti perkembangan jaman yang pada akhirnya tandas di tengah perjalanan.

Sebagai permulaan bagi anda yang ingin membuka bisnis secara online, biaya yang anda butuhkan pertama kali cukup murah dan jauh dari biaya yang dijelaskan pada Bisnis Konvensional.

  • Nama Domain Website dan Hosting Website = 700rb/Tahun
  • Laptop / Smartphone = Sendiri
  • Install WordPress untuk membuat website instan = Gratis
  • atau Hire Website Develpoer / Jasa Pembuatan Website yang bisa menyesuaikan branding dari usaha anda dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. = 3-7jt

Dari sisi kebutuhan awal atau modal awal pada bisnis Dekonvensional ditaksir hanya dimulai dari 3-9jt saja.

Bisa anda banyangkan sendiri perbandingannya, hal yang dijelaskan di atas pun masih bisa desuaikan dengan kebutuhan anda untuk awal mula merintis sebuah usaha. Bisnis Go Online, apakah anda sudah siap?

3. Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis online tentu sangat mudah, akan tetapi ada beberapa hal terkadang sering disepelekan oleh para pemain bisnis online dan hal-hal ini bisa menyebabkan kerugian:

  1. Malas untuk share link ke sosial media
  2. Kurang aktif di group atau forum yang ada disosial media
  3. Kurang tekun untuk membuat “Product Knowledge” berupa artikel / video
  4. Melepaskan saja website yang sudah jadi

4 hal tersebulah yang dapat menyebabkan bisnis tidak dapat bertahan di industri. Konten yang adapatif dan selalu diperbarui merupakan tindakan kecil yang memiliki efek besar bagi usaha yang sedang anda jalankan.

4. Persiapan Website

Persiapan website, untuk mempersiapkan website sudah disinggung pada poin sebelumnya, anda bisa menggunakan WordPress untuk membuat website secara instan atau anda ingin membuat website secara kastem atau disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik brand atau usaha yang anda miliki dengan membayar Web Developer / Jasa Pembuatan Website seperti Betta Dev Indonesia, karena website tidak hanya sekedar jaring yang menampung dan mendokumentasikan data pelanggan anda secara transaksional, website juga merupakan cerminan dari usaha anda.

5. Domain Website dan Hosting Website

Apa itu domain website dan hosting website? Ok, anda jangan khawatir disini betta akan menjelaskan dengan menggunakan analogi Ruko dan Nama Toko.

Ruko (Hosting) adalah tempat dimana Toko kita dibuka, ruko sebagai contoh disini adalah ruko sewa, dimana toko kita akan berada.

Nama Toko (Domain) adalah nama atau alias untuk pelanggan kita menyebut usaha yang kita dirikan atau kita buat, sehingga orang bisa dengan mudah datang dan pergi ke toko kita.

Secara teknis, Hosting adalah 

6. Menentukan Tema Website Sesuai Kebutuhan

Tema pada website yang anda miliki tentu harus memiliki karakter sendiri sesuai dengan bisnis yang anda jalankan, hal ini penting untuk membuat calon pelanggan anda lebih familiar dengan brand bisnis anda, dan tema website juga sangat berpengaruh pada calon pelanggan anda ketika mengakses website, apakah mereka bosan atau justru mereka tertarik merupakan kesan pertama atau impression yang merekan dapatkan dari website yang kita bangun.

7. Jasa Web Developer

Jasa web developer merupakan opsi untuk anda yang mungkin ingin memperhhatikan estetika dan profesionalitas bisnis secara matang dan terencana. Menggunakan jasa web developer adalah langkah cerdas untuk bisa membangun citra dan kredibilitas dari bisnis anda.

Bagi anda yang berdomisili disekitar Magelang ataupun diluar Jawa Tengah, anda bisa menghubungi Betta Dev Indonesia untuk membuat website anda dengan profesional dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

8. Optimasi Sosial Media

Optimasi Sosial Media juga sangat penting ketika anda ingin merambah ke dunia online, karena traffic kunjungan website anda bisa berasal dari berbagai sumber media sosial dan search engine dii internet.

Dengan memanfaatkan crowd warganet anda bisa melakukan promosi dan mendapatkan pelanggan. Dengan melempar pancing berupa promo dan konten yang menarik untuk supaya memancing pelanggan untuk membeli produk yang anda tawarkan.

9. Kesimpulan

Dari sekian banyak penjelasan di atas, apakah anda masih ingin berbisnis secara konvensional? atau anda ingin menjalankannya secara bersamaan untuk optimasi bisnis yang lebih advanced? Untuk keputusan perihal itu anda sendiri yang harus memilih dan menindaklanjutinya.

Karena jika dibandingkan modal awal antara Bisnis Konvensional dan Dekonvensional sangat jauh rentangnya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dan menjadi referensi bisnis untuk anda yang masih bingung untuk memulai bisnis di era pandemi atau ingin melakukan bisnis go online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TanyaDulu

Boleh loh kalau mau tanya-tanya dulu sebelum menentukan proyek yang kamu mau.